Langkah-Langkah Menjual Foto di Shutterstock dengan Mudah

Penjual Foto Online

Menjual foto di Shutterstock merupakan salah satu cara penting yang perlu Anda ketahui. Apalagi jika Anda merupakan salah seorang photographer ataupun traveller yang memiliki hobi fotografi. Anda pastinya dapat memperoleh dan menghasilkan foto yang menarik dan cukup estetik sehingga memiliki nilai jual yang menggiurkan.

Salah satu website ataupun situs yang bisa Anda manfaatkan untuk menjual foto estetik dan unik adalah Shutterstock. Shutterstock merupakan situs yang menjual banyak sekali hasil fotografi dengan beberapa tema tertentu. Dalam situs ini, Anda bisa memiliki peluang yang cukup besar dalam penjualan foto online dan dapat diakses di beberapa negara di dunia.

Foto yang ada di dalam situs Shutterstock juga terjamin keamanannya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan foto tersebut karena akan tersimpan dengan baik. Selain itu, foto yang terjual di Shutterstock menggunakan mata uang dollar. Sehingga penghasilan yang Anda dapatkan cukup memuaskan jika memiliki beberapa foto yang layak jual. 

Menjual foto online merupakan salah satu pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan siapa saja. Karena tidak ada batasan ataupun ketentuan khusus terkait dengan usia, pekerjaan ataupun domisili untuk registrasi akun. Sehingga dengan menjual foto di Shutterstock, Anda bisa memiliki salah satu job freelance yang fleksibel dan mudah dilakukan.

Syarat Menjual Foto di Shutterstock dengan Mudah

Berikut ini beberapa syarat menjual foto di Shutterstock yang perlu Anda ketahui. Hal berikut merupakan hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum mulai mengunggah foto. Walaupun tidak ada kriteria khusus untuk melakukan registrasi akun, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini agar foto yang Anda jual menarik dan mudah terjual di situs Shutterstock.

1. Resolusi dan Jenis File Foto

Syarat pertama yang perlu Anda penuhi adalah membuat resolusi dan jenis file foto yang akan Anda unggah sesuai dengan ketentuan. Pada situs Shutterstock, foto yang akan Anda unggah harus memiliki resolusi sebesar 4 megapixel. 

Sedangkan jenis file dari foto yang akan Anda unggah harus menggunakan jenis format seperti format eps, jpeg dan vector. Jika foto Anda belum sesuai dengan kriteria di atas, Anda bisa mengubahnya dengan cara melakukan kompres foto. Kompres foto bisa Anda lakukan dengan mudah menggunakan bantuan website atau situs tertentu.

2. Foto Memiliki Kualitas Terbaik

Pada situs Shutterstock, Anda bisa mengunggah foto apapun dimana foto tersebut bisa berasal dari kamera Hp ataupun kamera dengan kualitas tinggi sekalipun. Namun, syarat kedua kali ini berhubungan dengan kualitas foto yang akan Anda unggah untuk bisa lolos seleksi otomatis pada situs tersebut. 

Foto yang akan Anda unggah harus melalui proses seleksi dan juga proses review dari situs Shutterstock. Foto yang memiliki kualitas terbaik berhubungan dengan pencahayaan, noise dan juga fokus foto yang bagus. Dengan cara memastikan kualitas foto yang Anda unggah, semakin memberikan peluang besar untuk foto tersebut lolos seleksi dan juga laku terjual.

3. Foto Tidak Ada Unsur SARA

Syarat menjual foto di Shutterstock yang terakhir adalah memastikan foto yang Anda unggah tidak ada unsur SARA. Unsur SARA disini meliputi Suku, Agama, Ras dan juga Antar Golongan.

Foto yang tidak ada unsur SARA merupakan foto yang menarik namun tetap sopan. Sehingga foto tersebut lolos seleksi dan juga bisa lanjut dari proses review. Tetapi jika foto Anda mengandung unsur SARA, maka foto tersebut secara otomatis akan tertolak bahkan terblokir oleh situs Shutterstock. 

Langkah-langkah Menjual Foto di Shutterstock

Setelah mengetahui syarat menjual foto di Shutterstock, Anda bisa mulai memahami langkah-langkah menjual foto. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ketahui dan pelajari untuk menjual foto di situs Shutterstock.

1. Menyiapkan Pendaftaran Akun

Untuk menjual foto di Shutterstock dengan mudah, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan pendaftaran akun. Akun yang akan Anda buat pada situs Shutterstock berfungsi untuk menyimpan dan mengunggah foto yang akan dijual.

Namun sebelum melakukan pendaftaran akun, Anda perlu menyiapkan beberapa berkas untuk memenuhi syarat pendaftaran. Beberapa syarat pendaftaran yang perlu Anda siapkan adalah foto yang memenuhi kriteria Shutterstock, email, passport dan juga pembayaran digital atau online tertentu.

Siapkan minimal satu foto yang sesuai dengan syarat foto di Shutterstock. Selain itu, pastikan foto tersebut terlihat menarik dan memiliki potensi tinggi untuk bisa terjual di situs Shutterstock.

Kemudian, siapkan email dan juga passport untuk memudahkan Anda dalam proses verifikasi akun. Kemudian siapkan pembayaran digital seperti Moneyskrill, Payoneer, Paypall ataupun pembayaran digital lainnya. Untuk memudahkan Anda saat verifikasi akun dan juga mendapatkan pemasukan dari foto yang terjual.

2. Kunjungi Halaman Website Shutterstock

Setelah memastikan semua persyaratan untuk memverifikasi akun sudah lengkap, Anda bisa memulai pada langkah yang selanjutnya. Yaitu dengan cara mengunjungi halaman website Shutterstock. 

Untuk melakukan verifikasi akun, Anda perlu membuka situs Shutterstock. Masuklah pada situs ini menggunakan link referral suapaya Anda bisa mendaftarkan diri sebagai seorang seller.

3. Melengkapi Isi dari Kolom Pendaftaran di Situs Shutterstock

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk menjual foto di Shutterstock adalah dengan cara melengkapi kolom yang tersedia. Kolom yang ada di pendaftaran situs Shutterstock perlu Anda isi dengan benar dan lengkap.

Kolom ini sama dengan kolom pada umumnya, yang berisi informasi mengenai nama lengkap, nama panggilan, sandi dan informasi pribadi lainnya. Selain itu, Anda harus membuat sandi sesuai dengan kriteria situs ini. Yaitu sandi dengan kombinasi huruf kapital, huruf kecil dan juga deret angka. Jika kolom sudah terisi, Anda bisa memilih tombol next.

4. Melakukan Verifikasi Akun Melalui Email

Langkah yang selanjutnya untuk menjual foto di Shutterstock adalah melakukan verifikasi akun Shutterstock Anda. Verifikasi ini bisa Anda lakukan dengan cara menekan tombol verifikasi email yang memiliki warna biru. Jika proses verifikasi sudah selesai dan sukses Anda lakukan, maka email tersebut sudah berhasil di verifikasi pada situs Shutterstock.

Jika proses verifikasi Anda sudah selesai dengan sempurna, tampilan pada situs Shutterstock biasanya menampilkan data formulir. Data formulir ini hampir sama dengan kolom pendaftaran yang sudah Anda isi sebelumnya. Namun terdapat beberapa informasi lainnya seperti detail tempat tinggal Anda mulai dari negara sampai dengan nomer kode pos Anda.

5. Mengunggah Foto dan Persyaratan Lainnya

Langkah terakhir untuk menjual foto di Shutterstock adalah mengunggah foto dan juga persyaratan lainnya. Siapkan foto yang menurut Anda sesuai dengan syarat di situs Shutterstock dan juga yang paling menarik.

Selain itu Anda juga perlu menyiapkan beberapa persyaratan lainnya seperti identitas diri berupa KTP ataupun SIM. Selain itu Anda perlu mengisi kolom Your ID dengan hasil scan kartu passport. Setelah itu, Anda bisa mulai mengunggah foto di situs Shutterstock sebagai seorang seller.

Bagaimana, syarat dan juga langkah-langkah untuk menjual foto di situs ini cukup mudah bukan? Anda bisa mendapatkan pendapatan dengan mata uang dollar hanya dengan menjual foto yang menarik dan unik. Demikian ulasan singkat mengenai cara mudah menjual foto di Shutterstock, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.